Kemenangan yang tidak mudah bagi Barca


Kemenangan Barcelona atas Las Palmas meninggalkan kejanggalan untuk pelatih Ernesto Valverde. Salah satunya karena tak ada penonton yang hadir di sana.

Barca mempertahankan jarak dengan tim-tim lain di puncak klasemen setelah mengalahkan Las Palmas dengan skor 3-0, Minggu (1/10/2017) malam WIB kemarin. Ini juga menjaga kesempurnaan Los Cules di awal musim yang menyapu bersih tujuh laga dengan kemenangan.

Tapi kemenangan ini juga terasa janggal untuk Barca mengingat itu diraih tanpa adanya penonton yang biasa mendukung aksi Lionel Messi dkk. Stadion Camp Nou yang biasanya terisi penuh tiba-tiba kosong melompong.

Ini tak lepas dari keputusan klub untuk menggelar pertandingan tanpa penonton mengingat situasi keamanan di kota tidak kondusif, menyusul adanya pemungutan suara terkait referendum Catalan. Saat pemilu dilangsungkan, terjadi bentrokan antara pihak kepolisian dan pendukung kemerdekaan Catalan yang mengakibatkan sekitar 400-an orang cedera.

Awalnya pihak Barca meminta pertandingan kontra Las Palmas ditunda namun otoritas La Liga menolaknya. Ketimbang mendapat pengurangan enam poin, maka Barca mau tak mau tetap bermain.

"Ini sangat sulit. Situasi yang aneh untuk semua sekaligus membingungkan," ujar Valverde di Soccerway.

"Kami tahu klub mencoba untuk menunda pertandingan. Tidak mungkin memang menundanya dan kami pun bermain tanpa penonton," sambungnya

"Klub ingin mengambil tindakan khusus terkait situasi yang ada di Catalunya saat ini. Keputusan klub ini diambil demi kebaikan semuanya dan bukan karena apapun."

"Memang sangat rumit. Situasinya tidak mudah. Kami tidak fokus sepenuhnya dan memulai laga dengan lambat."

"Kami berpura-pura segalanya baik-baik saja kemarin dan tetap berjalan tenang, tapi sepertinya tidak demikian adanya. Semoga segalanya kembali seperti semula tapi saya bukan politisi. Saya tidak tahu apa-apa soal ini," tutupnya.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment